Trivia Geografi Episode 1 - Turki Termasuk Asia Atau Eropa ?



Turki, salah satu negara di kawasan Eurasia yang berbatasan dengan Laut Hitam dan Bulgaria di utara, Georgia, Armenia, Azerbaijan dan Iran di sebelah timur, dan Irak, Suriah, dan Laut Mediterania di sebelah selatan. negara ini berdekatan dengan wilayah Asia dan Eropa, pertanyaannya Turki termasuk wilayah Eropa atau Asia ? jawabannya kedua-duanya. Loh kok bisa ? , karena negara ini terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Eropa dimana negara ini biasanya disebut dengan negara transkontinental. Untuk memperkuat pernyataan ini, negara ini mempunyai budaya campuran yaitu budaya barat dari Eropa dan budaya timur dari Asia. Hal yang unik dari negara ini adalah kota terbesar nya bukan merupakan ibukota negara. Ya, kota terbesar nya adalah Istanbul. Istanbul merupakan kota yang berkiblat dengan budaya timur, karena posisinya yang lebih mendekati Eropa ini budaya timur bisa masuk ke kota ini. Hal ini yang menyebabkan bahwa Orang-orang berpikir kalau Turki itu termasuk wilayah Eropa dikarenakan budaya timur yang ada di negara tersebut.

Istanbul, Turki

Nah, bukan itu saja penjelesan kenapa Turki merupakan kawasan Asia dan Eropa. ternyata untuk pembagian wilayah Turki memang dibedakan antara Asia dan Eropa. Sekitar 97% merupakan wilayah Asia, dan sisanya merupakan wilayah Eropa termasuk kota Istanbul. dan untuk membedakan mana wilayah Asia dan Eropa, dipisahkan dengan Selat Bosporus, Laut Marmara dan Selat Dardanella. dimana wilayah utara merupakan wilayah Eropa, dan bagian selatan merupakan wilayah Asia. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.

Pembagian Wilayah Turki di Asia dan Eropa 

Nah, jadi itu penjelesan mengapa Turki termasuk wilayah Asia dan Eropa. Sekian di Trivia Geografi kali ini, semoga ilmu ini bermanfaat untuk kalian semua, sampai jumpa di Trivia Geografi berikutnya !.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuis Geografi 2 - Eropa

Kuis Geografi Episode 1 - Asia