Trivia Geografi 4 - Ring Of Fire

Trivia Geografi akan membahas tentang salah satu fenomena alam yang belum lama terjadi di Indonesia, yaitu gempa bumi. Tetapi kali ini bukan membahas tentang gempa bumi nya melainkan kawasan yang sering terjadinya gempa bumi dan juga erupsi vulkanik yaitu Ring Of Fire.

Ring Of Fire atau Cincin Api merupakan kawasan yang berbentuk cincin yang meliputi wilayah pasifik dari belahan timur Asia sampai belahan barat Amerika yang banyak sekali terjadi fenomena alam gempa bumi dan juga erupsi vulkanik dimana panjang dari cincin api ini sekitar 40.000 km.

Kawasan Ring Of Fire ini yang sering terjadi erupsi vulkanik ini ditandai dengan banyak nya gunung berapi di kawasan ini. Selain itu, sekitar 90% gempa bumi terjadi di kawasan ini dikarenakan adanya  pergerakan lempeng tektonik atau tabrakannya antar lempeng tektonik.

Kawasan Ring Of Fire meliputi sebagian wilayah Asia, Pasifik dan Amerika yaitu antara lain :

Asia        : Indonesia, Filiphina, Jepang
Oceania  : Selandia Baru, Papua Nugini, Tonga
Amerika : Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, sebagian besar wilayah Amerika Tengah, Bolivia, Chili, Ekuador, Peru

Peta Ring Of Fire (Encyclopædia Britannica, 2011)

Ring Of Fire ini merupakan hasil langsung dari lempengan tektonik yang bergerak dan saling bertabrakan. Contoh seperti pada bagian timur Cincin Api merupakan hasil dari lempangan Nazca dan lempengan Cocos tersubduksi oleh lempengan Amerika Selatan yang bergerak ke arah barat.

Indonesia dikelilingi oleh 4 lempengan tektonik yaitu lepengan Eurasia, lempengan Australia, lempangan Filipina dan lempengan Pasifik. Karena banyaknya lempengan tektonik di indonesia yang menyebabkan sering terjadi gempa bumi yang  berasal dari tabrakannya antar lempengan tektonik yang ada di indonesia dan juga pergerakan lempengan-lempengan tektonik yang ada di Indonesia.

Peta Lempengan-Lempengan Tektonik (geology.com)

Berikut adalah gempa bumi dan erupsi vulkanik terdahsyat yang berada di kawasan Ring Of Fire ini :

1. Gempa Bumi dan Tsunami Samudra Hindia 2004

Kondisi setelah tsunami di Banda Aceh, Indonesia  (Encyclopædia Britannica)

   26 Desember 2004 merupakan peristiwa bersejarah bagi Indonesia dan juga negara lain karena telah terjadi gempa bumi bawah laut yang berpusat di barat dari Pulau Sumatra bagian utara yang berkekuatan magnitude 9,1-9.3 sehingga setelah gempa yang besar tersebut diikuti dengan tsunami yang dahsyat yang menghatam sumatra bagian utara dan juga sampai ke negara lain seperti Thailand, Sri Lanka, India, bahkan sampai ke bagian timur Afrika. Gempa bumi dan tsunami ini merupakan bencana alam dengan korban terbanyak sepanjang sejarah hingga sekitar 227.000 korban jiwa.

2. Gempa Bumi dan Tsunami Tohoku, Jepang 2011


Kondi Setelah Tsunami di Tohoku, Jepang (Encyclopædia Britannica)

   Pada 11 Maret 2011 terjadi lagi gempa bawah laut yang dahsyat dengan berkekuatan magnitude 9,0-9,1 di wilayah pasifik di bagian timur dari Tohoku, Jepang. Ini merupakan gempa bumi terbesar sepanjang sejarah di Jepang yang memakan korban hingga sekitar 15.000 korban jiwa.

3. Erupsi Vulkanik Gunung Krakatau, Indonesia


Gunung Krakatau, Indonesia (theatlantic.com)

    Pada Tahun 1883 terjadi letusan gunung berapi yang dahsyat di Gunung Krakatau yang terletak di Provinsi Lampung. Dimana letusan ini mencapai  VEI (Volcanic Explosivity Index) level 6. Letusan gunung ini juga menyebabkan tsunami karena gunung tersebut berada di tengah laut sehingga erupsi tersebut menyebar ke laut dan membuat gelombang laut yang besar. Letusan gunung ini memakan korban hingga sekitar 36.000 korban jiwa.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Ring_of_Fire
https://en.wikipedia.org/wiki/2004_Indian_Ocean_earthquake_and_tsunami
https://en.wikipedia.org/wiki/2011_Tōhoku_earthquake_and_tsunami
https://en.wikipedia.org/wiki/1883_eruption_of_Krakatoa


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trivia Geografi Episode 1 - Turki Termasuk Asia Atau Eropa ?

Kuis Geografi 2 - Eropa

Kuis Geografi Episode 1 - Asia