Trivia Geografi Episode 2 - Mengapa Afrika Selatan mempunyai 3 Ibukota Negara ?


Kembali lagi di Trivia Geografi. kali ini kita akan membahas Afrika Selatan yang mempunyai 3 ibukota negara.



Afrika Selatan merupakan negara yang terletak di paling selatan benua Afrika dimana berbatasan dengan Namibia, Bostwana, dan Zimbabwe di Utara. Mozambiik dan Swaziland di timur. Lesotho dikelilingi kawasan Afrika Selatan.

Afrika Selatan mempunyai 3 ibukota negara, antara lain Pretoria, Cape Town, dan Bloemfontein. Sebenarnya konsep 3 ibukota negara pernah dipakai Afrika Selatan pada saat tahun 1910 dimana Afrika Selatan dulu masih berbentuk Union Of South Africa, dimana tujuan untuk dibuatnya 3 ibukota negara agar pusat pemerintahan tidak terlalu berpusat pada 1 titik saja, melainkan di beberapa titik, karena kalau hanya 1 ibukota saja maka kota tersebut akan mendominasi sehingga kekuatan negara tersebut hanya fokus pada kota itu saja, jadi pemerintah membuat 3 ibukota negara agar kekuatan untuk semua wilayah menjadi seimbang.

3 ibukota negara tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Pretoria merupakan ibukota negara secara administratif sekaligus sebagai tempat Presiden dan juga kabinet. Lalu Cape Town merupakan ibukota negara secara legislatif dimana sebagai tempat parlemen. Dan Bloemfontein merupakan ibukota negara secara yudisial dimana sebagai tempat Mahkamah Agung.


Pretoria, Ibukota Administratif


Cape Town, Ibukota Legislatif


Bloemfontein, Ibukota Yudikatif

Jadi itulah pembahasan mengapa ibukota Afrika Selatan memiliki 3 Ibukota. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di Trivia Geografi episode berikutnya. Salam Geografi !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trivia Geografi Episode 1 - Turki Termasuk Asia Atau Eropa ?

Kuis Geografi 2 - Eropa

Kuis Geografi Episode 1 - Asia